Wednesday, July 10, 2013

14 Hari Mencari (Ramadhan ) CINTA [2]



BAGAIMANA CARA MENCINTAI?
SAF berkata di salah satu bukunya, cinta itu kerja. Katakan saja dulu,”Aku Cinta.” , kemudian lakukan kerja cinta. Kerja cinta untuk Ramadhan ini adalah dengan mempersiapkan kedatangannya. Persiapan ilmu, fisik, finansial dan ruhiyah yang terpenting. 

a.       Baca Buku/ Ngenet/Ikut Kajian, tinggal pilih yang mana ^^
Untuk buku, saat ini yang baru selesai kubaca adalah majalah PKPU edisi spesial Ramadhan dan buku,”Kata Izrail, ini Ramadhan terakhirku.” Buku karangan... termasuk yang kurekomendasikan, berisi catatan sederhana tentang pengalaman Ramadhan penulis. Aku pernah membuat artikel tentang buku itu, cekidot () Waiting list yang perlu kubaca adalah Fiqh Puasa karangan Yusuf Qardhawi dan Nasihat Ramadhan Orang-orang Shalih karangan Sulthan Hadi. Semoga selesai dan bisa nge-share di blog ini ya.
Kalau enggan baca buku, tinggal buka laptop dan tanya pada mbah manapun-mbah Google juga boleh- cukup ketik keyword persiapan Ramadhan, ribuan artikel tersedia. Enggan baca artikel, cukup duduk dan dengar kajian Tarhib Ramadhan

b.      Lemes NO, Bugas YES!
Agar tidak lemas saat berpuasa, kita bisa memulai beberapa kebiasaan ini. Membiasakan puasa sunnah senin kamis, atau puasa Daud di bulan Sya’ban ini. Hadis Rasul
Untuk makanan, kita perlu membiasakan konsumsi sedikit karbohidrat, karena karbo ini lebih cepat dicerna dan cenderung membuat kita cepat ‘lapar’. Sedang untuk minuman, air putihlah yang baik, hindari teh atau kopi yang mempunyai efek diuretik (mengeluarkan cairan tubuh). Satu hal lagi yang dianggap sepele namun penting, lakukan kontrol ke dokter gigi : bersihkan karang gigi, tambal gigi yang lubang. Hal tersebut dapat meningkatkan rasa percaya diri dalam berkomunikasi (baca : buka mulut) saat berpuasa :)
 
c.       Duit, genggam di tangan dan salurkan..
Untuk Ramadhan, sisihkan sedari sekarang, uang lebih untuk infaq, uang lebih untuk berbuka dengan yatim, untuk biaya itikaf 10 hari terakhir, dan seluruh rencana kita lainnya. Namun tak cukup hanya Ramadhan, masih ada lanjutannya. “Ramadhan and Syawal, Dzulqadah and Dzulhijjah, these are the months in Islam.”, begitu lirik lagu salah satu album Yusuf Islam. Jangan lupa sisihkan pula untuk nabung Qurban di bulan Dzulhijjah :)

d.      Ruhiyah, its all bout SPIRIT
Semua berasal dari niat, mulai detik ini, buatlah hati senang dan syukur atas kedatangan Ramadhan Cinta. (Hadis senang Ramadhan). Kencangkan sabuk, perbaiki amal harian seperti shalat dan tilawah. Hubungan dengan manusia juga perlu diperhitungkan, tenangkan hati dengan meminta maaf dan menyelesaikan hutang yang tertunda.

KERJA ‘KECIL’ DENGAN HASIL RUARR BIASA

ODOJ (One Day One Juz)
Ini ada gerakan baru yang mengajak followers-nya untuk membiasakan diri selesai membaca Qur’an 1 hari 1 juz.  Misalnya ada 30 orang dalam 1 grup itu, masing-masing orang dibagi misalkan hari Senin Ana juz 1, Bedu juz 2, Cita juz 3 dan selanjutnya. Untuk hari ke-2, digilir, Ana juz 2, Bedu juz 3, Cita juz 4 dan seterusnya. Intinya, ngaji bareng dan saling mengingatkan bareng. Tiap orang mengejar kebaikan untuk selesai membaca, dan sekaligus membuat teman lain terpacu untuk menyelesaikan terget bacanya. Masi bingung ya teman? Silakan follow @Odoj_ID di twitter

IFTHOR BARENG
Siapa yang memberikan makanan berbuka (ifthar) kepada seorang yang berpuasa (di bulan itu), maka itu menjadi maghfirah (pengampunan) atas dosa-dosanya, penyelamatnya dari api neraka dan ia memperoleh pahala seperti orang yang berpuasa itu, tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa sedikit pun. (HR Baihaqi)
Mendengar hadist ini, siapa yang tidak mau bersegera berlomba memberi makan, tidak harus mewah, jika yang tersedia hanya air putih dan kurma, itu cukup.

TERAKHIR, BER-DOA-LAH...
Dan sampaikanlah usia kami hingga bulan Ramadhan..
Sedikit cerita, hari ini aku menyampaikan amanah adikku untuk berinfaq di PKPU, salah satu lembaga kemanusiaan nasional yang juga menyalurkan zakat infaq dan lainnya. Kami menggunakan layanan jemput infaq, jadi ada bapak petugas PKPU yang datang ke rumah. Setelah menyerahkan uang, bapak tersebut bertanya,”Mau didoakan di sini apa dikantor bu?” “Hee?”kontan aku menaikkan sebelah alis tanda tidak mengerti. Ternyata, ada kebiasaan di PKPU yang baru kuketahui, petugasnya selalu berdoa untuk yang memberikan infaq, baik saat setelah menyerahkan infaq, atau dikantor, atau setelah sholat dhuha. Wow, MasyaAllah, kebiasaan baik yang perlu ditiru. Berdoa. Doakan saudara kita, dalam diam pun tak apa, karena,”  Orang muslim yang mendoakan temannya secara diam-diam, akan disambut malaikat dengan berkata: Semoga untukmu juga (HR. Muslim)

0 komentar:

Post a Comment

 
Copyright (c) 2010 dellasgarden. Design by WPThemes Expert
Themes By Buy My Themes And Cheap Conveyancing.