Sunday, May 22, 2016

Ujian Tajwidi



Akhirnya setelah sekian lama tak melanjutkan postingan artikel tahsin, sekarang akan saya kebut tulis artikel ini dari yang paling dekat waktunya yaitu tentang Ujian Tajwidi. Minggu lalu adalah ujian tajwidi saya yang ke-3 dan tinggal menunggu pengumuman tanggal 12 Juni 2016 untuk daftar ulang (semoga Allah berikan yang terbaik, dan semoga yang terbaik bagi saya adalah lulus ke level selanjutnya, ^^)

Tajwidi adalah level yang ditempuh setelah lulus tahsini. Selama 16 kali pertemuan dalam 4 bulan kita fokus belajar teori dasar tentang tajwid. Mulai dari keutamaan membaca al-Qur’an, tempat keluar huruf, sifat huruf, mad, dan lain-lainnya (insyaAllah saya posting di artikel yang lain) . Setelah itu diadakan ujian tajwidi. Yang berbeda dari ujian level lain, pada level ini ujian terdiri dari ujian tulis dan lisan. Ujian tulis dibagi menjadi 2 kali, materi ujian pertama adalah separuh buku awal, materi ujian kedua adalah separuh buku terakhir. Bila rata-rata nilai kurang dari 70, diadakan remidi yang materinya seluruh buku. Setelah lulus ujian tulis, baru diadakan ujian lisan.


Ujian tulis biasanya terdiri dari 5 nomor yang beranak 3, semua materi diambil dari buku. Sedikit tips tentang ujian, jika diminta menyebutkan contoh, maka tuliskan contoh kata. Contoh bila diminta sebutkan contoh idzhar, maka tuliskan contoh kata, bukan hanya pengertian bahwa idzhar terjadi ketika nun bertemu huruf halqi. Sebelum ujian dilakukan, kita bisa request ke ustadzah yang mengajar untuk memberikan try out. Kelas saya cukup beruntung dengan sempat mengadakan 4 kali try out. Berikut saya bagi contoh soal try out tajwidi materi 2 :
 


a.       Apa pengertian mad
b.      Sebutkan mad yang panjangnya >2 harakat yang disebabkan oleh hamzah
c.       Apa pengertian mad badal
 
a.       Berikan 2 contoh (kata) mad iwadh
b.      Apa perbedaan mad shilah shugro dan kubro
c.       Apa perbedaan mad aridh dan mad lin

a.       Apa pengertian mad lazim kalimi mukhoffaf
b.      Pada huruf muqotho’ah (alif lam mim ra) ada berapa mad dan sebutkan
c.       Sebutkan kesalahan yang terjadi ketika membaca mad

a.       Apa definisi waqaf
b.      Sebutkan 1 dalil tentang waqaf
c.       Sebutkan macam-macam waqaf
 
a.       Apa pengertian waqaf kafi
b.      Apa hukumny waqaf tam
c.       Apa pengertian waqaf qabih

Berlanjut ke ujian lisan. Ujian lisan tajwidi yakni kita diminta membaca 1 halaman dari Al-Qur’an dan disimak oleh dua orang penguji. Apabila ada yang kurang tepat, kita akan diminta mengulang bacaan. Setelah selesai membaca 1 halaman, kita akan ditanya tentang teori. Biasanya kita akan ditanya teori huruf yang kurang tepat kita baca. Contohnya saya, saat membaca huruf dzo kurang ithbaq, sehingga saya ditanya teori tentang makhraj dan sifat huruf dzo. Selain itu saya ditanya tentang mad apa saja yang terdapat pada huruf muqatthoah pada halaman tersebut.

Begitulah, tajwidi bukan hanya sekedar teori, tapi bagaimana bisa mempraktekkan teori tersebut ke dalam bacaan Al-Qur’an kita. Sedikit catatan penguji terhadap saya kemarin :


  1. Huruf dzo kurang ithbaq
  2. Huruf ra dan syin tidak perlu menggerakkan bibir, karena dua huruf tersebut bukan huruf bibir. (Tapi bagi saya rasanya masih janggal mempraktekkannya, karena kalau huruf syin ga pake bibir, rasanya kurang tafasyi, >_< #alasanmodeon)
  3.  Alhamdulillah saya tidak dikomentari huruf ‘ain dan dlod yang (masih) merupakan momok bagi saya

Allahumma laa sahla illa maa ja’altahu sahla, wa anta taj’alu hazana idza syi’ta sahla. Ya Allah, tidak ada yang mudah kecuali yang Engkau jadikan mudah, dan Engkau yang menjadikan yang susah itu mudah. 

Sekian sedikit cerita tentang ujian tajwidi. Belajar adalah proses seumur hidup, begitupun tahsin, perlu senantiasa belajar atau mengajar agar ilmu itu tidak hilang. Sekarang pertanyaan polos dari teman sekelompok saya saat kelas terakhir, pilihannya adalah jadi murid abadi, atau sekaligus menjadi guru? Hmm...

0 komentar:

Post a Comment

 
Copyright (c) 2010 dellasgarden. Design by WPThemes Expert
Themes By Buy My Themes And Cheap Conveyancing.